Bagi siswa-siswi halimiyah yang membutuhkan logo Halimiyah untuk tugas Laporan Studi Tour Kampung Naga, berikut dilampirkan salinan form tugas beserta logonya ya..
LAPORAN KARYA TULIS
STUDY TOUR KAMPUNG NAGA
(Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas dari Mata Pelajaran …………………..)
Untuk kelas XI-IPA mata pelajaran:
Fisika, Biologi, dan Seni Budaya
Untuk kelas XI-IPS mata pelajaran:
Geografi, Sosiologi, dan Seni Budaya
Disusun Oleh:
1. ........... Nama ............ (NIS)
2. ........... Nama ............ (NIS)
3. ........... Nama ............ (NIS)
4. ........... Nama ............ (NIS)
SMA ISLAM TERPADU AL-HALIMIYAH
Jl. Robusta Raya No. 31 Kel. Pondok
Kopi Jakarta Timur Telp: 021-86601447
2015
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KARYA TULIS
STUDY TOUR DI KAMPUNG NAGA
Laporan ini disetujui dan disahkan
oleh:
(Untuk
XI-IPA)
Guru Fisika,
(Nurhikmah,
S.Si.)
|
Guru Biologi,
(Evy Setyaningsih, S.Pd.)
|
Guru Seni Budaya,
(Turyanah, S.Pd)
|
(Untuk
XI-IPS)
Guru Geografi,
(Ekalenti
Elvira, S.Pd)
|
Guru Sosiologi,
(Iin Indah A, S.Pd.)
|
Guru Seni Budaya,
(Turyanah, S.Pd)
|
Mengetahui:
Wakil Kepala Sekolah Bidang
Kurikulum,
( Isandar, S.Pd.)
MOTTO
“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Maka
apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan ), kerjakanlah dengan
sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaklah kamu
berharap”.
( Qs. Al- Insyiroh : 6-8 )
” Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan
sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang
khusyu’ ”.
( Qs. Al-Baqoroh : 45 )
” Meraih kesuksesan perlu kesabaran dan keuletan. Orang
yang sukses bukan tidak pernah jatuh, orang sukses adalah orang yang tidak
pernah berpikir darinya kalah, ketika ia terpukul jatuh (gagal) ia bangkit
kembali, belajar dari kesalahannya dan bergerak maju menuju inovasi yang lebih
baik.”
( Abu Al-Ghifrani )
KATA PENGANTAR
(Contoh)
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan kesehatan, karunia, rahmat, dan hidayah-Nya kepada kita
semua. Hanya kepada-Nya kembali segala sanjungan, kepada-Nya kami memohon
pertolongan dan ampunan, dan atas ridhonya sehingga kami dapat menyampaikan
hasil laporan perjalanan 28 Februari 2015 – 1 Maret 2015 dengan agenda observasi di Kampung Naga.
Dalam Penyusunan laporan ini banyak
hikmah yang kami peroleh dan pengalaman-pengalaman berharga tentunya, penulis
menyadari tidak dapat bekerja seorang diri melainkan bekerja sama dengan
berbagai pihak. Maka atas terselesaikannya tugas ini, penulis mengucapkan
terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas
kami.
Jakarta, .. Maret 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Diisi
dengan halaman dari setiap Bab/ Sub Bab
1
|
Halaman Judul........................................................................................................
|
.....
|
||
2
|
Halaman Pengesahan..............................................................................................
|
.....
|
||
3
|
Motto......................................................................................................................
|
.....
|
||
4
|
Kata Pengantar.......................................................................................................
|
.....
|
||
5
|
Daftar Isi................................................................................................................
|
.....
|
||
6
|
BAB 1 PENDAHULUAN....................................................................................
|
.....
|
||
1.1 Latar Belakang.................................................................................................
|
.....
|
|||
1.2 Tujuan dan Manfaat.........................................................................................
|
.....
|
|||
7
|
BAB II HASIL STUDY DAN PEMBAHASAN................................................
|
.....
|
||
Untuk
XI-IPA
|
||||
2.1 Sejarah Kampung Naga....................................................................................
|
.....
|
|||
2.2 Teknologi-Teknologi
Kampung Naga yang Menerapkan konsep Fisika..........
|
.....
|
|||
2.3 Sistem Pembuatan dan
Cara Kerja Teknologi-Teknologi.................................
|
.....
|
|||
2.3 Fauna yang Diternakan
Penduduk...................................................................
|
.....
|
|||
2.4 Serangga yang Hidup di
Kampung Naga........................................................
|
.....
|
|||
2.5 Flora yang Termasuk Obat di Kampung Naga.................................................
|
.....
|
|||
2.6 Unsur-Unsur Karya Seni
Rupa Kriya Kampung Naga....................................
|
.....
|
|||
2.7 Unsur-Unsur Karya Seni
Musik Kampung Naga.............................................
|
.....
|
|||
2.8 Unsur-Unsur Karya Seni
Tari Kampung Naga.................................................
|
.....
|
|||
Untuk
XI-IPS
|
||||
2.1 Sejarah Kampung Naga....................................................................................
|
.....
|
|||
2.2 Konsep Perencanaan
Pelestarian Lingkungan di Kampung Naga...................
|
.....
|
|||
2.3 Kosep Perumahan di
Kampung Naga..............................................................
|
.....
|
|||
2.4 Konsep Pertanian di Kampung Naga...............................................................
|
.....
|
|||
2.5 Sistem Pengairan di
Kampung Naga................................................................
|
.....
|
|||
2.6 Sistem Pemerintahan .......................................................................................
|
.....
|
|||
2.7 Mata Pencaharian Penduduk............................................................................
|
.....
|
|||
2.8 Sistem
Kepercayaan/Religi Masyarakat terhadap Pernikahan dan Kesenian...
|
.....
|
|||
2.9 Hari Larangan dan
Tempat Terlarang...............................................................
|
.....
|
|||
2.10 Persepsi Masyarakat
Terhadap Modernisasi...................................................
|
.....
|
|||
2.11 Unsur-Unsur Karya
Seni Rupa Kriya Kampung Naga..................................
|
.....
|
|||
2.12 Unsur-Unsur Karya
Seni Musik Kampung Naga...........................................
|
.....
|
|||
2.13 Unsur-Unsur Karya
Seni Tari Kampung Naga...............................................
|
.....
|
|||
8
|
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................
|
.....
|
||
3.1 Kesimpulan .................................................................................................
|
.....
|
|||
3.2 Saran ................................................................................................................ ........................................................................................................................... .....
|
.....
|
|||
9
|
Daftar Pustaka........................................................................................................
|
.....
|
||
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Memuat penjelasan tentang apa yang
menjadi landasan perlu dilaksanakan study tour oleh siswa SMA IT
Al-Halimiyah.
Contoh:
Pendidikan sangat penting untuk
setiap orang karena pendidikan itu sendiri menyangkut masa depan, serta merupakan upaya untuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan tidak hanya tanggung
jawab seorang guru, pemerintah, masyarakat maupun orang tua. Namun semua lapisan masyarakat Indonesia juga ikut bertanggungjawab atas terwujudnya pendidikan nasional.Yakni dengan menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan tanggungjawab yang merupakan upaya untuk terwujudnya pendidikan nasional yang bermutu tinggi dan berbudi pekerti luhur.
Sebab
itulah untuk mewujudkannya ada beberapa kegiatan yang menunjang pendidikan, salah satunya yang sangat menunjang
adalah study tour. Dengan study tour,
siswa dapat lebih berpengalaman dan lebih berpengetahuan.
B.
Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan menjelasakan apa
yang akan dicapai oleh penulisan berdasarkan rumusan masalah. Manfaat penulisan
menggambarkan kontribusi yang akan diberikan oleh penyusun (peserta study
tour) dari hasil pelaksanaannya.
Contoh:
Dalam pelaksanaan study tour pastilah
mempunyai tujuan yang sangat penting, diantaranya agar siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang telah di dapat selama ini, dan dengan diadakannya study
tour dapat
pula menambah pengalaman bagi siswa. Serta dapat meningkatkan pengetahuan,
keakraban dan kekeluargaan pada siswa-siswi. Dalam study tour ini
siswa-siswi di harapakan lebih dekat dan dapat mempraktekkan ilmu yang di dapat
dari Bapak/Ibu guru di daerah Kampung Naga terutama untuk mata
pelajaran....................
BAB II
HASIL STUDY DAN PEMBAHASAN
Pada
bagian ini dipaparkan hasil penelitian yang relevan dengan tujuan pelaksanaan
study tour. Paparan disertai tabel, foto, atau
bentuk penyajian data lain dengan tata cara penyajian yang seseuai
dengan ketentuan.
Contoh:
2.1
Sejarah Kampung Naga
Nenek moyang Kampung Naga Sendiri konon adalah Eyang Singaparna
yang makamnya sendiri terletak di sebuah hutan di sebelah barat Kampung Naga.
Yang membuat Kampung Naga ini unik adalah karena penduduk ini seperti tidak
terpengaruh dengan modernitas dan masih tetap memegang teguh adat istiadat yang
secara turun temurun. Kepatuhan warga Sanaga ( red. Warga asli kampung Naga )
dalam mempertahankan upacara – upacara adat, termasuk juga pola hidup mereka
yang tetap selaras dengan adapt leluhurnya seperti dalam hal religi da upacara,
mata pencaharian, pengetahuan, kesenian, bahasa dan tata cara leluhurnya.
Contoh Gambar-gambar hasil penelitian di Kampung Naga
ü
Pada setiap pembahasan sertakan foto
hasil penelitian sebagai bukti bahwa Siswa telah melakukan penelitian
ü Untuk mata
pelajaran Biologi:
Deskripsi flora:
·
Nama Ilmiah
·
Nama daerah/Indonesia
·
Gambar (Foto tumbuhannya sendiri dan
foto seluruh anggota kelompok dengan tumbuhannya)
·
Klasifikasi tumbuhan (susunan
takson)
·
Habitus (termasuk pohon, perdu,
semak, atau herba), ukur juga tinggi dan diameter batangnya.
·
Deskripsikan akar, batang, daun,
bunga, dan biji
·
Manfaatnya pada system pencernaan,
respirasi dan ekskresi.
Deskripsi fauna/hewan yang diternakan penduduk:
·
Nama ilmiah
·
Nama daerah/Indonesia
· Gambar (Foto
hewannya sendiri dan foto seluruh anggota kelompok dengan hewannya)
·
Klasifikasi (susunan takson)
·
Ciri-ciri umum hewan tersebut
·
Manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari
(Alat-alat
yang diperlukan biologi: Meteran jahit dan penggaris, lembar pengamatan, papan
jalan, dan penggaris)
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Kesimpulan merupakan rangkuman dari
hasil pembahasan yang menjawab tujuan pelaksanaan study tour. Kesimpulan memuat
temuan-temuan siswa-siswi yang menarik ketika melakukan study tour dalam bentuk
narasi.
Contoh:
Dengan mempelajari data-data yang kami
peroleh dari kunjungan dan penelitian terhadap objek study tour, serta
buku-buku panduan yang ada. Kami akan memberikan beberapa kesimpulan-kesimpulan
sebagai berikut:
2. Sistem
kemasyarakatan yang berada di Kampung Naga masih lekat dengan budaya gotong
royong dan…………..
3. Mayoritas
Kampung Naga beragama…..
4. Sistem hukum
yang ada di Kampung Naga masih menggunakan hukum yang tidak tertulis, …………
5. …………………………..
B.
SARAN
Saran memuat
rekomendasi dari masalah-masalah yang ditemukan dalam hal hasil penelitian. Saran harus mengacu pada hasil temuan selama
study tour.
Contoh:
a.
Kita
harus banyak belajar lewat kesederhanaan, kebersahajaan dan solidaritas sosial
warga Kampung Naga. Di tengah-tengah kehidupan yang sangat hedonis, memudarnya
apresiasi terhadap nilai-nilai tradisi sosial yang semakin menggejala, dan
persaingan hidup yang kadang melunturkan nilai kemanusiaan kita. Begitu banyak
hal yang bisa diambil dari kehidupan masyarakat kampung Naga. Mulai dari
hubungan kemasyarakatan, interaksi dengan alam, hingga pegangan bijak dari adat
Naga. Semua itu tercermin dari budi yang luhur sebuah masyarakat sunda yang
masih memegang teguh budayanya. Kita sudah sepatutnya mensyukuri keaneka
ragaman budaya yang ada di nusantara. Selayaknya kita menghargai dan menjaga
apa yang menjadi pegangan adat masyarakat kampung Naga.
b.
Kampung
Naga dapat di jadikan aset wisata di Jawa Barat yang berhubungan dengan Budaya.
Adat istiadat kampung Naga harus dihargai pemerintah, agar dipandang oleh
dunia, karena jarang kampung-kampung di Indonesia yang masih menjaga keutuhan
dari budaya yang di turunkan oleh leluhurnya.
c.
………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka
yaitu suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan
acuan dalam penulisan. Sumber bacaan dapat berupa pencarian dari
buku atau internet.
Contoh:
Dari Buku:
Hermawan,
Ruswandi dkk. (2006). Perkembangan Masyarakat Budaya. Bandung. PT Rineka
Cipta.
Dari Internet:
Hatta M. 2004. Yang
Terlarang dalam Berkarier. http://www.sdmlink.com/page/artikel/?act/detil/aid/42
No comments:
Post a Comment